Langsung ke konten utama

ARSITEKTUR DAN ORGANISASI KOMPUTER : "SISTEM OPERASI" Pengertian, Sejarah, Fungsi, dan Jenisnya.

Apakah Anda mengetahui apa itu sistem operasi? Sejarah Sistem Operasi? Fungsi sistem operasi? Bagaimana dengan jenis – jenis sistem operasi? 
Sistem Operasi  Secara umum, pengertian sistem operasi adalah perangkat lunak atau software yang mempunyai  tugas melakukan control dan manajemen perangkat keras dan operasi dasar sistem. Selain itu, sistem operasi juga mempunyai peranan dalam menjalankan software aplikasi yaitu program – program yang mengolah datayang  bisa digunakan untuk mepermudah kegiatan manusia. Menurut bahasa sistem operasi dalam bahasa inggris  yaitu Operating System yang bisa kita sebut dengan OS.
Sistem operasi adalah software yang lapisan pertamanya ditaruh di memori komputer,  saat komputer dinyalakan. Memori pada komputer ( untuk hal ini adalah hardisk bukan memori ram) meload data sistem operasi ini. Sedangkan sofware yang lainnya dijalankan setelah  sistem operasi berjalan.
Sistem operasi akan menjalankan layanan inti umum seperti akses ke disk, manajemen memori, scheduling task, dan antar muka user. Jadi setiap software tidak lagi melakukan tugas inti umum itu, karena bisa dilayani dan dilakukan sistem operasi. Bagian kode melakukan tugas inti dan umum dinamakan kernel suatu sistem operasi.
Sumber lain menyatakan bahwa pengertian sistem operasi secara umum adalah perangkat lunak yang mengatur seluruh sumber daya yang ada di komputer. Sumber daya ini bisa berupa perangkat keras atau program aplikasi. Sistem operasi seperti nyawa bagi komputer kaena tanpa sistem operasi  kinerja komputer akan berantakan.
sistem operasi
Komputer tidak akan bisa mengerjakan tugasnya yang diberikan dengan lancar. Sistem operasi terdiri dari perangkat lunak yang mempunya fungsi mengendalikan sistem komputer. Tidak hanya itu  sekarang sistem operasi telah merambah ke telepon seluler. Sistem seluler yang terkenal adalah android dan OS. Pengertian sistem operasi menrut para ahli. Banyak pengertian sistem operasi mengacu ke teknologi komputer padahal garis besar dapat digunakan untuk teknologi telepon seluler.

Pengertian Sistem Operasi Menurut Para Ahli :

  1. Fery Indayudha
Sistem yang dibutuhkan agar dapat menjalankan semua aplikasi program atau software yang di komputer.
  1. Mc Leod
Program komputer yang mengendalikan sumber daya hardware dan software yang ada di komputer.
  1. Sunarto
Software yang bisa lansung bekomunikasi dengan hardware.
  1. Ali Zaki
Pengertian sistem operasi adalah software yang mengoperasikan komputer.
  1. Haer Talib
Merupakan program utama yang langsing berinteraksi melalui bahasa yang dikenal mesin komputer  yaitu bahasa komputer.
  1. Suyanto
Sistem yang terdiri atas kpmponen software yang berfungsi mengontrol semua kegiatan di dalam komputer.
  1. Zainal Abidin
Program pertama komputer dalam sebuah komputer.
  1. Iim Rusyamsi
Perangkat lunak yang mempunyai tugas untuk mengkontrol dan manajemen perangkat keras dan operasi dasr sistem, dan menjalankan software aplikasi.
Pada dasarnya terdapat 4 macam sistem operasi pada komputer yang dapat mengelola dan mengatur suatu sistem, yaitu sebagai berikut:
 Jenis – Jenis Sistem Operasi Komputer ialah:
  • Sistem Operasi Jaringan. adalah sistem operasi yang memang dibuat untuk mengatur dan menangani jaringan pada komputer. Contohnya ialah, windows server dan Red Hat pada Linux 
  • Stand Alone. Sistem operasi yang dapat berdiri sendiri dan memiliki sebuah sistem lengkap sehingga tidak membutuhkan sistem operasi pendukung lainnya. Contohnya, Windows dan Mac OS.
  • Sistem Operasi Embedded. artinya adalah ditanam. Berbeda dengan stand alone, sistem operasi embedded tidak bisa berdiri sendiri dan tertanam pada komputer. Contohnya, ialah javaOS. 
  • Sistem Operasi Live CD. yang terakhir adalah live CD. Jenis yang ini hanya lah dapat digunakan dengan CD karena ukurannya sangat kecil. Sangatlah praktis, karena Anda tidak perlu menginstall software tersebut ke komputer Anda.


SEJARAH SISTEM OPERASI

Dalam sejarahnya, sistem operasi mengalami perkembangan yang sangat pesat. Perkembangan tersebut dapat dibagi kedalam lima generasi:
1. Generasi Pertama (1945-1955)
Generasi pertama merupakan awal perkembangan sistem komputasi elektronik sebagai pengganti sistem komputasi mekanik, hal itu disebabkan kecepatan manusia untuk menghitung terbatas dan manusia sangat mudah untuk membuat kecerobohan, kekeliruan bahkan kesalahan. Pada generasi ini belum ada sistem operasi, maka sistem komputer diberi instruksi yang harus dikerjakan secara langsung.
2. Generasi Kedua (1955-1965)
Generasi kedua memperkenalkan Batch Processing System, yaitu Job yang dikerjakan dalam satu rangkaian, lalu dieksekusi secara berurutan.Pada generasi ini sistem komputer belum dilengkapi sistem operasi, tetapi beberapa fungsi sistem operasi telah ada, contohnya fungsi sistem operasi ialah FMS (Fortran Monitoring System) dan IBSYS. Jadi generasi komputer kedua ini merupakan generasi pertama dari sistem Operasi.
3. Generasi Ketiga (1965-1980)
Pada generasi ini perkembangan sistem operasi dikembangkan untuk melayani banyak pemakai
sekaligus, dimana para pemakai interaktif berkomunikasi lewat terminal secara on-line ke komputer, maka sistem operasi menjadi multi-user (di gunakan banyak pengguna sekaligus) dan multi-programming (melayani banyak program sekaligus).
4. Generasi Keempat (Pasca 1980an)
Dewasa ini, sistem operasi dipergunakan untuk jaringan komputer dimana pemakai menyadari
keberadaan komputer-komputer yang saling terhubung satu sama lainnya. Pada masa ini para
pengguna juga telah dinyamankan dengan Graphical User Interface yaitu antar-muka komputer yang berbasis grafis yang sangat nyaman, pada masa ini juga dimulai era komputasi tersebar dimana komputasi-komputasi tidak lagi berpusat di satu titik, tetapi dipecah dibanyak komputer sehingga tercapai kinerja yang lebih baik.
5. Generasi Kelima (Pasca 2001 sampai Sekarang )
Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih dalam perjalanan. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001:Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri. Walaupun mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan, banyak fungsi-fungsi yang dimilikinya sudah terwujud. Beberapa komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia. Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing sekarang menjadi mungkin. Fasilitas ini tampak sederhana. Namun fasilitas tersebut menjadi jauh lebih rumit dari yang diduga ketika programmer menyadari bahwa pengertia manusia sangat bergantung pada konteks dan pengertian ketimbang sekedar menterjemahkan katakata secara langsung.

Sejarah MS-DOS (Microsoft Disk Operating System)
Image result for sistem operasi dos
MS-DOS sebenarnya dibuat oleh sebuah perusahaan pembuat komputer bernama Seattle Computer Products (SCP) yang dikepalai oleh Tim Patterson—yang belakangan direkrut oleh Microsoft untuk mengembangkan DOS—pada tahun 1980 sebagai sebuah perangkat lunak sistem operasi dengan nama Q-DOS (singkatan dari Quick and Dirty Operating System), yang selanjutnya diubah namanya menjadi 86-DOS, karena Q-DOS didesain agar dapat berjalan pada komputer dengan prosesor Intel 8086. Microsoft pun membeli lisensinya dengn harga 50.000 dolar Amerika dari SCP, lalu mengubah namanya menjadi MS-DOS. Selanjutnya, saat IBM hendak meluncurkan komputer pribadi yang disebut dengan IBM PC, Microsoft pun menjual lisensi MS-DOS kepada IBM.

Sejarah dan Perkembangan Sistem Operasi Windows

Penemu Windows untuk pertama kalinya adalah dua orang yang saling bersahabat sejak kecil yaitu Bill Gates dan Paul Allen. Sejak penemu Windows ini, Windows kini mengalami perkembangan dari versi yang satu ke versi lainnya dengan kualitas yang semakin ditingkatkan.
Sistem operasi Windows merupakan pengembangan dari MS-DOS, sebuah sistem operasi berbasis modul teks dan command-line atau CLI (Command Line Interface). Windows merupakan sistem operasi yang menyediakan lingkungan berbasis grafis (Graphical User Interface (GUI)) dan kemampuan multitasking.

Windows 1.0

Sistem operasi Windows 1.0
Sistem operasi Windows 1.0 dikeluarkan pada tanggal 20 November 1985 dan diresmikan pertama kali pada tanggal 10 November 1983 yang dijuluki dengan Windows Graphic Environment 1.0. Windows 1.0 bukanlah sebuah sistem operasi yang lengkap, namun hanya memperluas kemampuan MS-DOS dengan tambahan antarmuka grafis berbasis 16-bit. Windows 1.0 juga memiliki masalah dan kelemahan sama yang dimiliki oleh MS-DOS. Selain itu, Apple yang menuntut Microsoft membuat Microsoft membatasi kemampuannya. Sebagai contoh, jendela-jendela di dalam Windows 1.0 hanya dapat ditampilkan di layar secara “tile” saja, sehingga jendela tersebut tidak dapat saling menimpa satu sama lainnya. Tentu saja, Windows 1.0 memiliki cukup banyak kekurangan sehingga belum begitu dikenal di masyarakat.

Windows 2.0

Windows 2.0
Windows 2.0 mendapatkan keuntungan, karena dapat menggunakan prosesor terbaru pada tahun itu, yaitu Intel 286 Prosesor, memory yang lebih besar, dan fitur komunikasi antar aplikasi dengan menggunakan Dynamic Data Exchange (DDE). Dengan peningkatan dukungan grafis, pengguna sekarang dapat mengatur besar kecil ukuran jendela dan penambahan dukungan untuk keyboard. Jadinya, kita dapat menggunakan Windows dengan hanya berbekal keyboard dan juga dukungan Keyboard Shortcut. Windows 2.0 sendiri di luncurkan pada tanggal 9 Desember 1987. Lalu, rilis selanjutnya yaitu Windows 2.1 sampai Windows 2.03, menambah fitur yaitu Protected Mode dan penggunaan memory yang lebih besar pada prosesor Intel 386.

Windows 3.0

Windows 3.0
Windows 3.0 dirilis pada tanggal 22 Mei 1990. Windows 3.0 memiliki kemampuan dukungan kartu grafis SVGA atau XGA dan juga icon. Microsoft menyediakan SDK (Software Development Kit) sehingga para developer piranti lunak dapat mengembangkan aplikasi agar mampu berjalan di Windows 3.0 ini. Sistem ini mengenalkan Virtual Device Driver (VXD) yang berguna untuk meminimalisasi ketergantungan setiap driver pada perangkat keras tertentu. Sistem ini berevolusi menjadi Windows 3.1 yang mengenalkan fitur Multimedia dan True Type Font. Sistem ini memudahkan End-User karena adanya fitur Drag and Drop. Windows versi 3.0 ini berkembang menjadi Windows 3.11 yang mendukung aplikasi NetWorking.

Windows 95

Windows 95
Windows 95 yang memiliki nama kode Chicago dalam masa pengembangan dirilis tanggal 24 Agustus 1995. Windows 95 sudah terintegrasi dengan 32-bit TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) dan sudah mendukung jaringan Internet, dial-up networking, dan dukungan Plug and Play, dimana kita bisa menginstall Device dengan hanya mencolok kabel hardwarenya. Versi 32 bit dari Windows 95 terdapat peningkatan kapabilitas multiedia, fitur yang lebih kaya untuk mobile computing, dan Networking yang sudah diintegrasikan.

Windows 98

Windows 98
Pada 25 Juni 1998, Microsoft merilis sebuah sistem operasi Windows baru, yang dikenal sebagai Windows 98. Windows 98 dianggap sebagai revisi minor terhadap Windows 95, tapi secara umum dilihat jauh lebih stabil dan dapat diandalkan dibandingkan dengan pendahulunya, Windows 95. Windows 98 mencakup banyak driver perangkat keras baru dan dukungan sistem berkas FAT32 yang lebih baik yang mengizinkan partisi untuk memiliki kapasitas lebih besar dari 2 gigabyte, sebuah batasan yang terdapat di dalam Windows 95.
Dukungan USB di dalam Windows 98 pun juga jauh lebih baik dibandingkan dengan pendahulunya. Dengan kehadiran Windows 98 mengundang banyak kontriversi saat Microsoft memasukkan penjelajah web Microsoft Internet Explorer ke dalam sistem operasi dan tidak dapat dicabut, sehingga menjadikan Windows Explorer dan GUI Windows mampu menampilkan direktori seolah-olah halaman web.

Windows 2000

Windows 2000
Windows 2000 termasuk kedalam keluarga Windows NT. Dirilis pada 17 February 2000, Windows 2000 ini khusus dibuat untuk kalangan bisnis. Ada versu Professional, Server, Advanced Server dan Datacenter Server. Untuk pengguna rumahan, Windows merilis Windows ME beberapa bulan kemudian. Fitur-fitur baru yang diadopsi dari Windows 98 juga ditanamkan di dalamnya, seperti Device Manager yang telah ditingkatkan (dengan menggunakan Microsoft Management Console), Windows Media Player, dan DirectX 6.1 (yang memungkinkan sistem operasi berbasis kernel Windows NT untuk menjalankan game).

Windows ME (Millennium Edition)

Windows ME (Millennium Edition)
Sesuai dengan namanya, Windows ME ini dirilis pada 14 September tahun 2000 yang sering disebut sebagai tahun milenium. Dibandingkan dengan Windows 98, Windows ME memiliki boot time yang jauh lebih cepat. Di Windows inilah pertama kali ada fitur System Restore untuk merestore PC ke titik tertentu jika mengalami permasalahan. Namun demikian, banyak yang menganggap bahwa Windows ME ini adalah produk gagal yang memiliki banyak masalah. Keberadaan Windows ME ini pun segera digantikan oleh Windows NT Family lainnya ( XP, Vista, 7, dan Windows 8).

Windows XP

Windows XP
Pada tahun 2001, Microsoft memperkenalkan Windows XP (yang memiliki nama kode “Whistler” selama pengembangan. Akhirnya, setelah merilis beberapa versi Windows berbasis Windows 9x dan NT, Microsoft berhasil menyatukan kedua jajaran produk tersebut. Windows XP menggunakan kernel Windows NT 5.1, sehingga menjadikan kernel Windows NT yang terkenal dengan kestabilannya memasuki pasar konsumen rumahan, untuk menggantikan produk Windows 9x yang berbasis 16/32-bit yang sudah menua. Windows XP merupakan versi sistem operasi Windows yang paling lama (paling tidak hingga saat ini), karena memang berkisar dari tahun 2001 hingga tahun 2007, saat Windows Vista dirilis ke konsumen. Jajaran sistem operasi Windows XP akhirnya diteruskan oleh Windows Vista pada 30 Januari 2007.

Windows Vista

Windows Vista
Tanggal 30 November 2006, Microsoft meluncurkan versi baru Windows untuk pengguna rumahan dan kalangan bisnis pada tanggal 30 Januari 2007 dengan nama Windows Vista. Fitur-fitur pada Windows Vista perubahannya boleh dikatakan radikal, terutama pada bagian user-interface. Kemampuan sekuritas juga ditambahkan oleh Microsoft, sehingga Microsoft megklaim versi terbarunya ini lebih stabil,aman, dan memanjakan pengguna computer ( walaupun menurut banyak orang hal-hal tersebut sudah ada pada Windows XP).

Windows 7

sejarah-windows-7
Rilis selanjutnya setelah Windows Vista adalah Windows 7, yang sebelumnya dikenal dengan sebutan Blackcomb dan Vienna. Saat pertama kali dirilis, Windows ini memiliki kernel NT versi 6.1 build 7600, yaitu perbaikan dari Windows Vista dimana saat rilis pertama memiliki kernel NT 6.0 build 6000. Windows 7 yang dirilis pada tanggal 22 Oktober 2009 ini memiliki keamanan dan fitur yang baru, diantaranya adalah: Jump List, Taskbar yang membuka program dengan tampilan kecil, Windows Media Player 12, Internet Explorer 8, dan lain-lain. Beberapa fitur yang unik adalah Sidebar yang berganti nama menjadi Gadget dan bebas ditaruh kemana-mana pada desktop (tidak seperti Sidebar yang hanya bisa diletakkan di tempat tertentu). Fitur itu membuat Windows 7 menjadi menarik.

Windows 8

Windows 8
Windows 8 adalah versi selanjutnya dari Microsoft Windows, serangkaian sistem operasi yang diproduksi oleh Microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi, termasuk komputer rumah dan bisnis, laptop, netbook, tablet PC, server, dan PC pusat media. Salah satu metode untuk mencapai hal tersebut adalah dengan mengurangi beban pemakaian RAM di dalam Operating System. Penghematan penggunaan RAM di Windows 8 dipastikan dapat secara signifikan memperpanjang penggunaan PC yang memakai baterai (laptop ataupun tablet PC) karena RAM merupakan salah satu komponen di komputer yang paling banyak memakai arus listrik.

Windows 10

Windows 10
Windows sengaja tidak mengeluarkan versi windows 9 dikarenakan para users akan menganggap windows 9 yang dipakai adalah windows 95 atau windows 98 karena berawalan 9, jika itu terus dipakai akan berbahaya. Maka dengan itu Windows langsung memproduksi windows 10 untuk menggantikan windows 9 yang tidak boleh diproduksi. Windows ini adalah versi terbaru dari semua software windows dengan segala kecanggihannya membuat satu dari sekian software Operating System ini banyak digandrungi oleh masyarakat, simpel, menarik, dan canggih.
Dengan sistem operasi Windows maka semua pekerjaan jauh lebih mudah dijalankan, OS pada komputer atau laptop sangat mendukung perkembangan bisnis dan juga perekonomian saat ini. Hampir semua perusahaan menggunakan sistem operasi Windows untuk memudahkan pengolahan data.

Sejarah dan Perkembangan Mac OS dari Awal Hingga Saat ini

Macintosh Operating System atau disingkat dengan Mac OS pertama kali dikenalkan oleh Apple Corporation kepada publik melalui iklan Super Bowl pada Januari 1984. Mac OS merupakan satu-satunya sistem operasi yang memiliki antar muka grafis / GUI (Graphical User Interfaces) pada saat itu. Mac OS dibuat untuk komputer netbook Apple Macintosh. Kemunculan Mac OS menjadi pioneer untuk sistem operasi yang lainnya untuk mengembangkan dan menerapkan antar muka grafis / GUI pada sistem operasi mereka. Setelah itu, Apple mulai merilis System 3 dimana sistem ala hirarki yang pada saat ini banyak digunakan dan mulai diperkenalkan terhadap publik.Tahun 1991, Apple merilis System 7, System yang lebih canggih dibandingkan dengan sebelumnya dan memiliki masa pakai yang cukup lama, dari tahun 1991 hingga 1997. Pada januari 1997, Mac OS resmi merilis Mac OS versi 7.6 dengan perbedaan dari segi penamaan yang dulunya menggunakan nama “System” dan berganti dengan nama “Mac OS”. Tidak hanya dari segi penamaan, dari segi performa juga diperbaiki oleh pihak Apple hingga pada Mac OS 7.6 membuat Macintosh Operating System semakin dekanal luas oleh masyakat. Berikut merupakan generasi yang pernah dikeluarkan oleh Mac OS sebagai Sistem Operasi dari Netbook Apple Macintosh.
  1. Mac OS 8
Juli 1997, Mac OS merilis Mac OS 8 dengan respon yang sangat baik dari publik. Ini terlihat dari tingginya penjualan sistem operasi ini yakni sebanyak 3 juta kopi hanya dalam waktu enam bulan setelah peluncuran.
  1. Mac OS 9
Dua tahun setelahnya, Mac OS kembali merilis dengan sistem operasi terbarunya hasil pembaharuan sistem. Dirilis tahun 1999 dan ini diberi nama Mac OS 9 dan juga dianggap sebagai versi yang untuk masa-masa peralihan dari OS 8 menuju OS X.
  1. Cheetah (Mac OS X)
Tahun 2000, Mac OS X resmi dirilis oleh Apple dengan melakukan perubahan dan transformasi pada performa sistem operasi. Ini mengingat tingkat kebutuhan pengguna yang semakin meningkat sehingga pengguna sangat membutuhkan sistem operasi yang lebih canggih yang dapat digunakan untuk membantu pekerjaan mereka.
  1. Puma (Mac OS X 10.1)
Dikenalkan ke publik tahun 2001, namun Mac OS X 10.1 ini resmi dirilis tahun 2011. Pada versi ini, disuguhi dengan tampilan yang lebih elegan dan modern, yang dikenal dengan sebutan Aqua. Tidak hanya tampilan, OS versi ini didukung terhadap perangkat dan media seperti CD, DVD, MP3, printer, dan kamera digital.
  1. Jaguar (Mac OS X 10.2)
Dengan kode nama Jaguar, Mac OS X 20.2 berhasil dirilis pada tahun 2002. Perilisan ini membuktikan jika Apple sangat konsisten untuk selalu memperbaharui dan memberikan yang terbaik untuk penggunanya.
  1. Panther (Mac OS X 10.3)
Tahun 2003, dirilis versi Panther yang dilengkapi dengan fitur-fitur sperti iChat AV untuk video koferensi, Tampilan Expose, dan Finder dengan satu akses klik ke file dan folder.

Sejarah Sistem Operasi Linux

Linux merupakan sistem operasi berbasis open source. Kernel sistem operasi Linux di ciptakan oleh Linus Torvald pada tahun 1991 saat dia masih berada dalam masa kuliah di Universitas Helsinski, Finlandia.
Jauh sebelum Linus Torvald mengembangkan kernel Linux Richard Stallman sudah terlebih dahulu mengembangkan project GNU. Dalam project ini Stallman adalah untuk menciptakan sistem operasi yang benar-benar free (free di sini berarti bebas untuk di kembangkan, free tidak selalu gratis).

Sejarah Singkat Sistem Operasi Linux - www.dedyprastyo.com
Sejarah Singkat Sistem Operasi Linux

Berbagai kode program di kembangkan dan pada tahun 1991 kode ini telah terkumpul hanya kurang satu yaitu kernel. Sementara itu di tempat lain Linus Torvald yang saat itu masih menjadi mahasiswa di Universitas Helsinski mengembangkan project pribadi untuk mengembangkan kernel sistem operasi yang mirip dengan UNIX (atau di sebut UNIX like).
Proses development yang di lakukan oleh Linus baru sebatas kernel. Kernel yang ia kembangkan baru dapat membaca harddisk dan device yang terhubung ke komputer. Pada bulan September di tahun 1991 kernel ini di luncurkan dengan nama Linux. Kernel ini sendiri di beri versi 0.01. Kernel ini kemudian di gabungkan dengan project GNU hingga terbentuklah nama GNU/Linux.
Setelah itu perkembangan Linux menjadi sangat cepat. Pada 5 Oktober 1991 Linus mengumumkan kernel Linux 0.02 dan pada 19 Desember 1991 dia kembali memperkenalkan versi kernel 0.11 yang mana pada versi ini Linux sudah dapat berfungsi selayaknya sistem operasi standar.
Sampai versi 0.11 kernel Linux masih berlisensi free software. Namun pada rilis berikutnya Linus mengganti lisensi kernel yang ia ciptakan menjadi GNU/GPL (General Public License) hal ini membuat siapapun dapat melihat, mengembangkan dan berpartisipasi dalam proses development Linux.
Pada awal kemunculanya yakni pada dekade 1990-2000, Linux hanya di gunakan pada lingkungan aplikasi berskala besar seperti web server, network server dan database server. Namun setelah itu Linux mulai di kembangkan untuk desktop. Banyak variasi sistem operasi Linux (atau di sebut Distro Linux) mulai dari RedHat, Debian, Slackware beserta turunanya (RedHat memiliki distro turunan seperti Fedora dan CentOS, Debian memiliki distro turunan seperti Ubuntu dan Linux Mint).
Sekarang sistem operasi Linux telah di gunakan di berbagai infrastruktur dan berbagai hardware. Mulai dari web server yang melayani puluhan ribu request per detik hingga aplikasi embedded. Selain itu Linux juga menjadi tulang punggung berbagai perangkat kritis seperti satelit, kelistrikan, surveillance hingga pada pesawat terbang.
Sistem operasi Linux telah banyak mengalami perkembangan sejak pertama kali di kembangkan oleh Linus Torvald pada 1991.
1983                      : Richard Stallman memprakarsai project GNU (Gnu’s Not Unix) untuk menciptakan sistem operasi free (free = bebas)
September 1991    : Linus Torvald merilis kernel Linux versi 0.01
5 Oktober 1991     : Linus Torvald merilis kernel Linux versi 0.02
19 Desember 1991: Linus Torvald merilis kernel Linux versi 0.11
5 Januari 1992      : Linus Torvald merilis kernel Linux versi 0.12
1996                     : Kernel Linux versi 2.0 di rilis
Januari 1999         : Kernel Linux versi 2.2 di rilis
Januari 2001         : Kernel Linux versi 2.4 di rilis
2011                     : Kernel Linux versi 3.0 di rilis

Sejarah Sistem Operasi WINDOWS
Dalam 10 tahun perkembangannya, Android sudah sampai pada generasi ke-9, yakni Android 9.0 Pie yang belum lama ini dirilis. Bagi Anda yang penasaran dengan sistem operasi dari smartphone yang Anda gunakan, berikut sejarah dan perkembangan OS Android dari 2008 hingga sekarang.

1. Android 1.0 (2008)

Sistem operasi ini adalah bayi Android yang masih sangat sederhana. Pengguna diajak beradaptasi dengan user experience dalam menjajal sebuah perangkat mobile yang sekarang disebut smartphone. Jika sekarang kita terbiasa menggulir layar ke bawah untuk melihat notifikasi, asal-muasalnya adalah dari Android 1.0 ini. Google untuk pertama kalinya memperkenalkan mekanisme pull-down notification. Selain itu, Android juga mengenalkan widget aplikasi yang menjadikannya berbeda dengan iOS, yang digunakan sampai sekarang.

2. Android 1.5 Cupcake (2009)

Versi ini adalah debut versi Android yang menggunakan nama camilan. Tradisi ini dipertahankan hingga versi terbarunya. Pada Cupcake, Google memperkenalkan SDK widget untuk third-party developer, sehingga aplikasi third-party bisa bisa memiliki widget sendiri layaknya aplikasi bawaan Google. Dua pembaruan signifikan pada Cupcake juga meliputi kemampuan perekaman video dengan kamera ponsel, serta kemampuan keyboard layar sentuh.

3. Android 1.6 Donut (2009)

Di tahun yang sama, Google cukup tak sabar berinovasi dengan menghadirkan Android Donut. Pada versi ini, Android bisa digunakan untuk perangkat mobile dengan ukuran layar apa saja. Android Donut juga memunculkan kolom pencarian pada antarmuka ponsel yang memungkinkan pengguna mencari informasi di internet, file lokal, kontak, dan apa saja secara lebih cepat.

4. Android 2.0 Eclair (2009)

Hanya sekitar sebulan setelah Android Donut rilis, Android kembali merilis update versi terbarunya, yaitu Android versi 2.0 Eclair. Eclair menjadi Android pertama yang menghadirkan layanan navigasi Google Maps. Sistem tersebut menjadi awal mula era GPS yang sekarang bukan cuma ada di ponsel, tapi juga di mobil-mobil modern. Eclair juga menjadi Android pertama yang mendukung HTML5 pada browser sehingga bisa memutar video. Metode swipe untuk membuka kunci layar juga diperkenalkan pada Eclair.

5. Android 2.2 Froyo (2010)

Tahun 2010, selain meluncurkan Android Froyo, Google menghadirkan ponsel Nexus pertama, “Nexus One”, yang pertama mendapat update Android tersebut. Ada beberapa pembaruan pada Froyo dibandingkan pendahulunya. Dari segi tampilan, Android Froyo memungkinkan lima panel layar depan alias home screen. Froyo juga menambah pilihan keamanan penguncian bagi pengguna. Dari yang sebelumnya cuma penguncian pola (pattern lock), belakangan dilengkapi dengan opsi PIN lock.

6. Android 2.3 Gingerbread (2010)

Di era selfie, menyadari kebutuhan netizen, Google membangun versi Gingerbread dengan kemampuan kamera depan membidik foto secara mandiri. Dari segi tampilan, Gingerbread jauh lebih atraktif dan sudah mampu mendukung fitur dual kamera untuk melakukan video call. Selain itu, dari segi fungsi, Gingerbread memungkinkan pengguna memencet keyboard virtual secara bersamaan (multitouch), yang dipertahankan hingga sekarang dengan berbagai peningkatan kinerja.

7. Android 3.0 Honeycomb (2011)

Untuk pertama kalinya, sistem operasi ini mendukung kemampuan tombol virtual untuk home, back, dan menu. Sasarannya pun lebih ke perangkat tablet ketimbang smartphone yang kala itu cukup digandrungi. User interface yang digunakan pada Android versi ini juga sangat berbeda dengan yang digunakan pada smartphone, mengingattampilan layar yang lebih besar pada tablet serta untuk mendukung penggunaan hardware dengan spesifikasi yang lebih tinggi yang digunakan pada perangkat tersebut.

8. Android 4.0 Ice Cream Sandwich (2011)

Versi ini mengadopsi kemampuan Honeycomb, tapi lebih menyasar smartphone. Contohnya kemampuan tombol virtual yang hingga sekarang banyak diimplementasikan para vendor. Beberapa pembaruan fitur lainnya mencakup kemampuan membuka layar menggunakan wajah (face unlock), analisa penggunaan data internet, serta paket aplikasi bawaan dari vendor yang mencakup kalendar, mail, kalkulator, dan lainnya.

9. Android 4.1 Jelly Bean (2012)

Setelah sebelumnya melakukan pembaruan dengan perbedaan minor, lewat versi ini Google membawa pembaruan cukup signifikan dan responsif pada Android. Jelly Bean memungkinkan pengguna melakukan scroll cepat ke bawah untuk melihat kumpulan informasi penting, seperti agenda, email, dan laporan cuaca. Selain itu, Jelly Bean merupakan inovasi Google untuk menghadirkan asisten digital yang dinamai Google Now. Sejak versi ini, Google semakin berhasrat untuk membuat asisten digital yang lebih hidup, manusiawi, dan relevan bagi pengguna.

10. Android 4.4 KitKat (2013)

Butuh setahun bagi Google untuk menghadirkan KitKat dengan tampilan baru yang lebih segar. Fitur “Ok, Google” dihadirkan Google pada versi ini. Pengguna bisa melakukan perintah pencarian menggunakan suara.

11. Android 5.0 Lollipop (2014)

Tak banyak melakukan perubahan yang inovatif, pembaruan yang mencolok pada Lollipop paling tampak dari sisi desainnya yang disesuaikan dengan zaman. Satu-satunya yang lumayan baru adalah dukungan untuk gambar berformat RAW. Format itu memungkinkan para ilustrator, fotografer, atau graphic designer menyimpan file dengan ukuran besar agar bisa diedit tanpa mengurangi kualitas.

12. Android 6.0 Marshmallow (2015)

Ketimbang versi sebelumnya, desain menu aplikasi pada Android Marshmallow benar-benar dibuat baru sehingga terasa lebih dinamis. Keamanan juga mendapat peningkatan pada versi ini karena Google memungkinkan vendor menyematkan sensor pemindai sidik jari. Selain itu, ada juga fitur memory manager yang memungkinkan pengguna mengecek penggunaan memori pada tiap aplikasi. Pembaruan kedua ditilik dari pengaturan volume. Pada Marshmallow, pengguna bisa mengontrol volume yang berbeda-beda pada panggilan, media, dan alarm.

13. Android 7.0 Nougat (2016)

Nougat sempat menjadi OS paling populer yang hampir digunakan di semua smartphone dari vendor yang bekerja sama dengan Google. Android Nougat juga memiliki dukungan terhadap platform virtual reality terbaru Google. Adapun pembaruan paling mendasar pada versi Nougat adalah kehadiran Google Assistant yang menggantikan Google Now, yang lebih bisa diandalkan untuk menjalankan pelbagai fungsi. Fitur-fitur baru lainnya mencakup layar split-screen saat dipakai multitasking, serta fitur Doze yang telah dikenalkan di versi Android Marshmallow namun telah ditingkatkan.

14. Android 8.0 Oreo (2017)

Android Oreo hadir dengan sejumlah pembaharuan minor. Meskipun tidak signifikan, tapi nyatanya mampu membuat tampilan Android Oreo menjadi lebih manis dan segar. Beberapa tampilan yang mengalami pembaharuan ialah Home Screen, App Drawer, Menu Setting, Notifikasi, Menu Battery, dan Menu Storage. Optimasi sistem operasi pada fitur Android Oreo versi terbaru ini digadang-gadang mampu membuat smartphone tidak hanya lebih pintar, tapi cepat, powerful, dan lebih baik dari Android Nougat.

Fungsi Sistem Operasi (OS) :

Berikut 9 fungsi sistem operasi beserta penjelasnnya yaitu :
  1. Resource manage
Fungsi yang mengelola sumber daya dan mengalokasi. Seperti memori, CPU, Disk, dan Perangkat lainnya.
  1. Interface
Fungsi yang biasa dibilang dengan tatap muka sebagai perantara antar pengguna dengan perangkat keras yang mentediakan tampilan ke pengguna sehingga lebih muda untuk dipahami dan bersahabat (user friendly)
  1. Coordinator
Fungsi yang sistem operasinya mengatur kegiatan kompleks dari perangkat lunak  aplikasi yang dijalankan supaya bisa berjalan sesuai urutan yang benar. Tidak hanya mengatur seluruh aktivitas tepati sistem operasi juga mempunyai tugas  mengatur atau mengelola seluruh aktivitas yang memiliki hubungan dengan hardware, untuk input device atau output device.
  1. Guardian
Yang dimaksud dengan fungsi OS ini adalah berguna untuk memegang kendali proses, melindung file dan memberi batasan pembacaan dan penulisan dan eksekusi data da program. Selain itu sisteminformasi berfungsi untuk mengatur siapa saja yang bisa mengakses file, program dan sistem apa  saja yang ada di dalam komputer.
  1. Gate keeper
Fungsi ini adalah bertugas sebagi pengendali siapa saja yang mempunyai hak yang bisa masuk ke dalam sistem dan mengawasi apa yang dilakukan.
  1. Optimizer
Fungsi yang menjadwalkan masukan atau input oleh user, pengasesan basis data, proses koomputerisasi dan penggunaan.
  1. Accountant
Fungsi ini mengatur waktu CPU, penggunaan memori, pemanggila I / O, disk storage dan waktu koneksi terminal.
  1. Server
Fungsi ini bertugas melayanin semua yang dibutuhkan seseorang user (pengguna)
  1. Interpretasi
Fungsi sebagai penerjemah perintah dan intruksi antar user dan sistem. Sebagai fasilitas komunikasi antara sistem komputer dan pengguna secara mudah.Segala bentuk teknologi informasi dan komunikasi yang terdapat dalam komputer dimaksimalkan untuk membuat pengguna agar lebih mudah mengakses informasi, terlebih dengan menggunakan internet. Tentunya untuk mengakses internet memerlukan beberapa yang mendukung seperti modem. Untuk menjalankan semua fungsi tersebut, pastinya menggunakan perangkat yang telah dilengkapi dengan sistem operasi. 
Maka dari itu akan kita bahas macam – macam sistem operasi yang ada untuk komputer.

Sistem Operasi Microsoft Windows 

Hasil gambar untuk sistem operasi windows

Salah satu jenis – jenis sistem operasi yang cukup terkenal atau populer di kalangan pengguna adalah Microsoft Windows. Sistem operasi sangat terkenal dan rata-rata hampir digunakan seluruh pengguna di dunia di komputer mereka. Siapa yang tak kenal dengan sistem operasi ini? Setiap Anda membuka laptop baik milik Anda maupun milik teman Anda, Anda akan menemukan banyak sekali gambar windows setiap komputer baru dinyalakan. Windows sendiri merupakan pengembangan dari MS-DOS, yang sudah mendukung fitur GUI. Windows pertama kali meluncurkan produk sistem operasi yang bernama very 1.0. Produk dari windows kini sudah berkembang pesat. Saat ini Windows sudah masuk ke tahapan perkembangan terakhirnya, yatu windows versi 10.0. Ada beberapa kelebihan dan kekurangan dalam sistem operasi windows yang dapat Anda bandingkan dengan sistem operasi yang lainnya. Kelebihannya sendiri adalah, Windows menawarkan banyak fitur kompatibilitas dan juga kemudahan dalam mengoperasikan, sehingga banyak menarik minat usernya. Selain itu, windows juga cukup mudah dipahami sehingga sistem operasi windows mungkin dapat dibilang sistem operasi terbaik. Salah satu kekurangan dari windows adalah harganya yang cukup mahal, sehingga dilakukan pembajakan terhadap sistem operasi ini. Mungkin Anda tidak pernah tahu mengenai harga sistem operasi karena membelinya dalam PC dan sudah tersedia. Satu lisensi windows nyatanya dapat mencapai ratusan ribu rupiah. Selain itu, ada beberapa versi windows yang diaggap buruk performanya, seperti windows Vista. Salah satu sistem operasi tentu memiliki masing-masing kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda pahami sebelum menggunakannya. Namun kebanyakan jika Anda menemukan sistem operasi yang terinstal adalah bawaan dari PC dan kebanyakan orang tidak memahami sistem operasi dengan baik.   

Sistem Operasi MS-DOS

Hasil gambar untuk sistem operasi ms dos

Salah satu jenis – jenis sistem operasi lainnya yang juga cukup populer adalah MS-DOS. Meskipun tidak sepopuler windows, MS-DOS juga banyak digunakan dan populer tahun 1980-an. MS-DOS adalah singkatan dari Disk Operating System. MS Dos memakai interface command-line dan cukup populer tahun di jaman 1980-an namun kini mudah terganti dengan sistem operasi lain yang lebih canggih. Sistem operasi MS-DOS juga tak kalah dengan sistem operasi lainnya. Ada beberapa kelebihan yang Anda dapatkan dengan menggunakan sistem operasi MS-DOS, antara lain ukuran program dari sistem operasi yang relative kecil. Dengan ukuran yang ramping tersebut, memori yang digunakan juga tidak banyak atau ringan. Meskipun kecil , sistem operasi MS-DIS cocok digunakan untuk semua jenis perangkat baik perangkat keras maupun perangkat lunak. Dapat dikatakan bahwa sistem operasi MS-DOS cukup adaptable dan fleksibel. Namun bukan hanya kelebihannya saja, ada beberapa kekurangan yang juga sepadan dengan kelebihan masing-masing. MS-DOS masih menggunakan perintah yang diinput dengan teks. Karena itu jika teks perintah tidak diingat, maka Anda akan sangat Kesulitan untuk memproses informasi. Selain itu, kekurangan sistem operasi MS-DOS adalah cukup mendukung aplikasi yang mengedepankan grafik. Sistem ini dinamakan sistem CUI atau character user interface. CUI sudah hampir tidak digunakan dan digantikan dengan sistem yang lebih modern yaitu sistem GUI atau kepanjangannya graphic user interface. Artinya pengolahan informasinya berbasis graphic. Windows adalah salah satu pengguna sistem GUI. Sistem CUI ini bahkan ada jauh lebih dahulu daripada orang-orang yang mengetahuinya saat ini. Kini, rata-rata sistem operasi sudah menggunakan GUI untuk mempermudah sistem operasionalnya yang jelas jauh lebih mudah daripada CUI. Sistem CUI yang masih dipakai adalah sistem operasi MS-DOS.  
Sistem Operasi Unix 


Hasil gambar untuk sistem operasi unix

Unix merupakan salah satu dari jenis – jenis sistem operasi yang sering dipakai terutama pada komputer mini yang umumnya digunakan sebagai workstation atau server sebuah jaringan. Hal ini dikarenakan sistem operasi unix memudahkan pemindahan kerja dari satu komputer ke komputer lain. Pekerjaan menjadi server lebih mudah jika menggunakan sistem operasi unix. Ada banyak sekali kelebihan yang didapatkan dengan menggunakan sistem operasi unix. Salah satunya yang telah dijelaskan di atas yaitu mudah dipindahkan ke komputer lain atau bersifat portabilitas. Sehingga sangat memudahkan sistem server jika harus dipindahkan ke komputer lain. Selain itu sistem operasi unix dapat digunakan oleh lebih dari satu pengguna secara bersamaan atau sekaligus atau bersifat multiuser. Sistem file dalam sistem operasi juga bersifat hirarkial, sehingga informasi atau data diatur dalam bentuk yang mudah untuk diingat dan diakses. Selain itu sistem file juga stabil jika dimanfaatkan untuk database, fileserver, server internet, intranet, internet-client pengembangan java. Sistem operasi unix juga dipercaya memiliki kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan Windows NT. Unix juga merupakan sistem operasi yang dapat diperoleh dengan gratis. Dari sedemikian banyaknya kelebihan dari sistem operasi unix dibandingkan sistem operasi lainnya, ada beberapa kelemahan yang turut Anda rasakan saat menggunakan unix. Salah satunya adalah tampilan dan grafis yang kurang menarik. Selain itu jika Anda menggunakan sistem operasi Unix, maka Anda membutuhkan ruang memori yang besar di komputer Anda. Unix juga kurang kompatibel dengan banyak game-game komputer sehingga tidak semua game populer bisa diinstal di unix. Beberapa hardware sulit untuk menyediakan driver untuk linux. Dan yang terakhir, sistem operasi unix cukup sulit jika digunakan oleh pengguna yang masih awam.   

Sistem Operasi Linux 

Image result for sistem operasi linux

Sistem operasi linux sifatnya terbuka atau open source. Artinya jika Anda menggunakan sistem operasi ini maka source code pemrograman bisa dirubah dan dimodifikasi sesuai keinginan Anda. Jika Anda ingin memiliki sistem operasi yang cukup fleksible, Linux merupakan pilihan yang tepat. Anda juga bisa mendapatkan Linux dengan gratis atau tanpa biaya apapun. Dibandingkan dengan jenis – jenis sistem operasi lainnya seperti Mac dan Windows, penggunaan Linux hemat dan ekonomis. Ada beberapa keunggulan yang ditawarkan linux dibandingkan sistem operasi lain. Salah satunya linux lebih stabil dan cocok untuk dijadikan server. Linux juga tidak membutuhkan memori yang besar untuk operasinya. Keuntungan lainnya adalah dapat diinstal berbagai macam program yang dapat diinstal di sistem operasi lain. Jika Anda ingin memiliki sistem operasi yang otentik, maka Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan linux. Meskipun mudah dalam menggunakannya dan cukup fleksibel, linux kurang populer dibandingkan dengan Mac dan Windows yang sudah mempunyai popularitas yang besar. Karena itu banyak yang tidak mengenal sistem operasi linux. Linux juga sangat fleksibel, selain bisa dimodifikasi oleh pengguna, juga dapat digunakan pada komputer dengan spesifikasi minimal karena tidak membutuhkan banyak ruang untuk pengoperasiannya. Linux juga dapat dijalankan di dua mode. Selain itu linux juga terkenal cukup aman dari virus dan penyebarannya di komputer. Tidak terlalu banyak hardware yang mendukung linux dan instalasinya juga terhitung rumit dan tidak semudah windows. Selain itu, Karena tidak cukup populer dibandingkan windows, jika Anda menggunakan sistem operasi Linux, Anda harus mempelajari dan membiasakan diri dengan sistemnya terlebih dulu. Karena sistemnya cukup berbeda dengan windows dan struktur direktorinya membingungkan bagi pengguna baru.   

Sistem Operasi Mac OS 

Image result for sistem operasi mac os

Salah satu dari jenis yang terakhir adalah sistem operasi Mac OS. Mac OS yang merupakan keluaran atau produk Macintosh atau perusahaan Apple. Siapapun saat ini pasti mengenal Apple dan populer di banyak kalangan. Banyak orang yang mulai menggunakan Mac Os dan produk lain yang dikeluarkan Apple. Tentu produk apple banyak diketahui sebagai produk yang bernilai mahal sehingga tidak semua bisa menggunakannya. Mac Os juga merupakan sistem operasi yang pertama kali menggunakan atau memperkenalkan berbasis grafik atau GUI (Graphical User Interface) sebelum sistem operasi lain menggunakannya. Mac OS juga memiliki keamanan atau security yang sangat tinggi dibandingkan dengan yang lainnya. Perlindungan mac os tidak ada bandingannya dibanding sistem operasi lain. Selain itu, tampilan Mac OS berkualitas tinggi dan grafisnya sangat baik dan menarik. Karena itu Mac OS menjadi sistem operasi yang populer dan bersaing dengan kepopuleran windows. Penggunanya pun jumlahnya bersaing dengan windows. Meskipun terkesan elegan dan berkelas, Mac OS tetap memiliki kekurangan dalam pengoperasiannya. Mac OS terkenal sebagai sistem yang memiliki keamanan tinggi sehingga cukup egois karena tidak mendukung sistem komputer berbasis IBM dan hanya dapat terhubung dengan produk sesama Apple saja. Produk Apple menjadi tidak kompatibel dengan perangkat keras lain yang biasa digunakan pada sistem operasi lain seperti windows.


Chrome OS (Operating System) 

Image result for sistem operasi chrome os

Sistem operasi ini merupakan besutan dari Google.inc. Chrome OS versi beta resmi diperkenalkan pada Juli 2009 dan versi full resmi yang lebih stabil resmi diperkenalkan pada tahun 2010. Sistem operasi ini bersifat open source, karena berbasis linux dan dalam artian siapa saja berhak menggunakan gratis dan melakukan modifikasi terhadap modul – modul didalamnya. Kelebihan lainnya, sistem operasi ini juga berbasis cloud dan memiliki fitur – fitur yang mendukung didalamnya.
Demikian sajian informasi lengkap mengenai apa itu sistem operasi , dan juga jenis jenis dan fungsi sistem operasi komputer maupun smartphone (mobile). 
Semoga hadirnya artikel diatas bisa memberikan dampak positif untuk teman- teman semuanya yang sedang mendalami ilmu IT khususnya di bidang operating system. 


Referensi:



Selamat belajar!



Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS 4 FILE SYSTEM OS

IMPLEMENTASI DIREKTORI Sistem direktori berfungsi memetakan nama simbolik file (nama file dan nama jalurnya) menjadi informasi untuk menemukan blok-blok file. Menggunakan daftar nama file linier dengan pointer ke blok data dan table Hash. Algoritma Direktori: 1.Linier List (daftar nama file linier dengan pointer ke blok data) + : mudah diterapkan dalam program – : memakan waktu saat akses dan eksekusi 2.Tabel hash (daftar linier dengan struktur data hash) + : mengurangi waktu pencarian direktori – : berukuran tetap Direktori pada CP/M Direktori pada CP/M merupakan direktori entri yang mencakup nomor blok disk untuk setiap file. Direktori pada MS-Dos MS-DOS merupakan sistem direktori hierarki atau berstruktur pohon Direktori pada UNIX i-node berisi informasi tentang : tipe ukuran waktu owner blok-blok di disk Contoh Directory di Linux • /bin • /boot • /dev • /etc • /lib • /mnt • /opt • /sbin • /tmp • /u

Definisi dan Contoh Batch system, Critical Section, Handheld Computer, Process Control Block, Thread.

TUGAS 2 SISTEM OPERASI   Batch system   Batch system adalah dimana job-job yang mirip dikumpulkan dan dijalankan secara kelompok kemudian setelah kelompok yang dijalankan tadi selesai maka secara otomatis kelompok lain dijalankan. jadi dengan kata lain adalah teknologi proses komputer dari generasi ke-2. yang jika suatu tugas sedang dikerjakan pada 1 rangkaian, akan di eksekusi secara berurutan. Pada komputer generasi ke-2 sistem komputer nya maasih blum dilengkapi oleh sebuah sistem operasi. Tapi, dalam beberapa fungsi sistem operasi, seperti os yang tengah berkembang pada jaman sekarang ini. Contohnya adlah FMS ( Fortarn Monitoring System ) dan IBSYS.      Contoh sebuah Batch System adalah sebuah e-mail dan transaksi batch processing. Dalam suatu sistem batch processing, transaksi secara individual dientri melalui peralatan terminal, dilakukan validasi tertentu, dan ditambahkan ke transaction file yang berisi transaksi lain, dan kemudian dientri ke dalam sistem secara periodik.